Kelebihan dan Kekurangan Bisnis MLM

Unknown | 01:50 | 31 comments

Sistem bisnis seperti ini mungkin terasa tidak asing bagi kita. MLM adalah kepanjangan dari Multi Level Marketing. Sebenarnya, bisnis ini hanya berbeda sedikit dari bisnis lainnya. Perbedaannya terletak pada sistem penjualan produk yang menggunakan jaringan (upline dan downline). Produk hanya dipasarkan kepada anggota yang mengikuti jaringan ini. Setiap kali anggota baru bergabung, dia wajib membayar biaya keanggotaan yang biasanya berlaku seumur hidup dan belanja produk tertentu dengan jumlah minimal yang sudah ditetapkan. Penulis dulu pernah ditawari untuk bergabung dengan salah satu bisnis MLM dengan biaya keanggotaan sebesar Rp 80.000,00 (kalau tidak salah) dan belanja produk senilai minimal Rp 500.000,00. Saat pertama kali ditawari bisnis ini, penulis tentu bisa menolak dengan seribu alasan. Saat itu, kondisi finansial penulis memang tidak memungkinkan untuk belanja produk senilai Rp 500.000,00 yang belum tentu ada manfaatnya. Akhirnya, penulis menolak bergabung meskipun terus dipaksa bergabung.

Banyak sekali pilihan MLM yang bisa kita ikuti di negara ini. Hampir semuanya menawarkan janji muluk dan bonus berlimpah bagi anggotanya. Target bisnis MLM biasanya adalah mahasiswa, ibu rumah tangga, pengangguran, atau siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk mengetahui fakta-fakta lain terkait dengan MLM. Di tulisan kali ini, penulis akan menjelaskan manfaat dan kekurangan bisnis MLM sejauh yang penulis ketahui.



Kelebihan Bisnis MLM

Tidak semua bisnis itu sepenuhnya baik atau sepenuhnya buruk. Setiap bisnis selalu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bisnis MLM juga tidak berbeda. Ada berbagai manfaat yang bisa dinikmati anggota MLM jika mereka bergabung dalam bisinis ini.

1. Proses Mudah dan Cepat
Jika Anda ingin bergabung ke dalam bisnis MLM ini, Anda tidak perlu membuang-buang banyak waktu. Anda tinggal membayar biaya pendaftaran (keanggotaan) yang nominalnya sudah ditentukan. Biaya itu juga berlaku seumur hidup, sehingga Anda hanya perlu bayar sekali saja. Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk belanja produk tertentu yang sudah ditetapkan juga. Namun, ada berberapa MLM yang hanya mewajibkan anggotanya membayar biaya keanggotaan tanpa membeli produk.

2. Produk Unik dan Langka
Jika Anda mengamati brosur produk yang ditawarkan MLM tertentu, sebagian besar produk itu tidak bisa ditemukan di tempat lain. Produk yang dijual memang benar-benar unik dan menarik. Sebagian besar produk MLM adalah obat herbal atau produk lain yang menunjang kesehatan.

3. Mudah Menjalankan Bisnis
Sekali Anda bergabung dalam bisnis ini, Anda hanya tinggal mencari downline baru dengan melakukan presentasi. Setiap presentasi hanya butuh waktu sekian jam. Kegiatan ini tentunya tidak akan membuang waktu Anda sehingga bisnis MLM memang bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan. Tugas utama Anda hanya mencari downline.

4. Anggota MLM Biasanya Bermotivasi Tinggi
Jika Anda pernah bertemu dengan pebisnis MLM, Anda mungkin menemukan perbedaan dalam cara berbicara, berpikir, dan bertingkah laku. Anggota MLM biasanya selalu antusias menawarkan sistem bisnis mereka. Bahkan, mereka bisa saja mengoceh sampai mulutnya berbusa. Mereka selalu menawarkan janji-janji dan impian yang bisa diraih selama mengikuti bisnis MLM. Bahkan, mereka selalu mengatakannya dengan penuh percaya diri. Penulis sendiri juga salut terhadap ketekunan mereka dalam menjalankan bisnis ini.





Kekurangan Bisnis MLM

Bisnis MLM tidak selalu menarik bagi semua orang. Banyak sekali orang yang merasa tertipu dengan sistem bisnis semacam ini. Bahkan, ada juga orang yang mengganggap bahwa semua pihak yang terlibat dalam bisnis MLM adalah penipu. Kenapa mereka bisa berpendapat seperti itu? Inilah alasannya.

1. Produk MLM Mahal
Pernahkah Anda membandingkan produk yang ditawarkan MLM tertentu dengan produk yang dijual bebas di pasaran. Harganya tentu berbeda jauh. Kebanyakan produk MLM dipatok dengan harga yang bisa menguras isi kantong Anda dengan cepat. Harga tersebut belum tentu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Sebagian besar produk MLM adalah produk penunjang kesehatan. Namun, banyak orang tidak merasa kesehatannya membaik setelah mengkonsumsi produk tersebut. Inilah yang membuat kualitasnya dipertanyakan.

2. Downline Selalu Dimanfaatkan Upline
Jika Anda masih belum mempunyai downline dalam bisnis MLM, sudah pasti Anda hanya akan menderita tanpa mendapatkan keuntungan apapun. Upline bisa mendapatkan keuntungan dari downline. Dengan kata lain, upline memanfaatkan downline. Keuntungan yang didapatkan upline berasal dari downline. Jika Anda tidak bisa mendapatkan downline (korban baru), Anda hanya akan menjadi keset.

3. MLM= Multi Lie Marketing
MLM selalu menawarkan janji muluk dan bonus menarik kepada anggotanya jika mereka bisa mencapai level tertentu. Hadiah yang ditawarkan bisa berupa mobil, liburan ke luar negeri, atau hadiah lain yang bisa membuat kita meneteskan air liur. Namun, hadiah tersebut hanyalah omong kosong belaka. Tidak semua anggota MLM yang memenuhi kualifikasi bisa mendapatkan hadiah tersebut. Jika hadiah tersebut hanya omong kosong tanpa bukti, bisnis MLM adalah bisnis yang mengandalkan multi lie (kebohongan bertingkat). Upline harus berbohong kepada korban baru dengan iming-iming hadiah. Downline tadi juga harus berbohong kepada orang lain untuk mendapatkan anggota baru, atau dia akan selamanya menjadi keset.

4. MLM Tidak Bertahan Lama
Berapa lama Anda bisa bertahan menjadi anggota MLM? Rata-rata, anggota MLM hanya mampu bertahan di bisnis ini selama 1-3 tahun. Mereka memutuskan diri untuk mundur karena bisnis ini dinilai sangat merugikan anggotanya. Jika downline paling bawah mundur dari bisnis MLM, dampaknya tidak terlalu besar. Namun, ketika upline memutskan diri untuk pensiun dari bisnis MLM, semua downlinenya bisa kelimpungan.

5. MLM Mempunyai Citra Buruk
Silahkan Anda buktikan pernyataan ini sendiri. Tanyalah teman atau rekan kerja mengenai bisnis MLM. Kebanyakan orang menganggap bisnis ini sebagai bisnis tak jelas yang isinya hanya tipu-menipu. Jika Anda bertanya kepada mantan anggota MLM, dia pasti bisa mengatakan berbagai keburukan bisnis ini yang mungkin tidak diketahui orang lain. Di Indonesia, para pebisnis MLM juga dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Mereka dinilai hanya sebagai pemimpi dan pembual yang kerjanya hanya mengoceh tak tentu arah. Jika Anda ingin tahu mengapa citra MLM buruk di masyarakat.

6. MLM Menguntungkan Sedikit Orang dan Merugikan Banyak Orang
Siapa yang paling dituntungkan dalam bisnis MLM? Tentu saja jawabannya adalah orang yang berada pada posisi puncak dalam piramida sistem bisnis jaringan ini. Dia bisa mengambil keuntungan dari downlinenya dengan leluasa. Sebaliknya, downline hanya akan terus diperas oleh upline. Downline hanya bisa mengubah nasibnya dengan mencari mangsa baru untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi. Sebagian besar anggota MLM memang hanya diperas karena mereka harus membayar biaya pendaftaran yang memang cukup mahal dan belanja produk yang belum tentu ada manfaatnya.

7. MLM Membuat Orang Miskin Tambah Miskin
Apa yang terjadi jika orang miskin nekat menjalani bisnis MLM ini? Tentunya, dia akan menderita kerugian besar karena harus membayar produk yang belum tentu ada manfaatnya. Keadaan bisa semakin parah jika dia masih terus menjadi downline paling bawah. Mendapatkan downline baru pun belum tentu bisa mengubah nasibnya. Akibatnya, kondisi keuangannya juga tidak berkembang sama sekali. Mungkin, biaya pendaftaran masih masuk akal, tetapi biaya tersebut bisa menjadi tak berguna jika tidak ada downline baru yang mau bergabung.

8. Anggota MLM Agresif dan Suka Memaksa
Pernahkah Anda "diprospek" oleh seorang anggota MLM? Penulis pernah mengalami sendiri kejadian ini. Pertama, penulis diajak datang ke rumah pebisnis MLM tersebut. Sebenarnya, penulis tidak menyadari dirinya akan diprospek untuk masuk dalam bisnis MLM ini. Sesampainya di rumah anggota tersebut, penulis menerima berbagai penjelasan dan manfaat yang bisa diperoleh jika bergabung ke dalam bisnis MLM. Namun, penulis tidak tertarik untuk bergabung dan orang tersebut masih terus memaksa. Kisah lain juga dialami seorang teman. Dia ditawari untuk mengikuti bisnis MLM. Meskipun MLM tersebut hanya meminta uang pendaftaran, teman penulis tetap menolak. Akibatnya, hubungan mereka menjadi tidak harmonis lagi setelah penolakan tersebut.

Setelah membaca keuntungan dan kerugian yang bisa Anda nikmati dalam bisnis MLM, tentu Anda bisa lebih memahami seluk-beluk bisnis ini. Bagi sebagian orang, bisnis ini mungkin bisa menguntungkan dan membuat mereka cepat kaya. Sebaliknya, bisnis ini juga menjadi pembawa masalah bagi orang lain. Jika Anda siap dengan konsekuensi dari bisnis ini, silahkan bergabung dengan salah satu bisnis MLM yang ada di Indonesia atau negara lain. MLM memang bukan bisnis konvensional. Saya sendiri lebih suka kerja/bisnis konvensional dibandingkan bergabung ke MLM tertentu. Jika Anda ingin mengetahui kelebihan bisnis konvensional dibandingkan dengan MLM.

Kenapa MLM Sering Dibenci Masyarakat?

Anda tentu sudah mengenal istilah MLM dengan baik. MLM adalah kepanjangan dari Multi Level Marketing, yaitu sutau sistem 'bisnis' yang mengharuskan setiap anggotanya untuk merekrut anggota baru (downline). Inti dari MLM ini adalah perekrutan anggota baru dan upline harus bisa mendapatkan downline sebanyak mungkin (jika tidak mau menjadi downline paling bawah). Pendapat masyarakat terhadap sistem ini memang beragam. Ada yang mendukung, tetapi tidak sedikit juga yang menentangnya. Namun, citra MLM memang dipandang buruk di Indonesia. Pandangan tersebut bukannya tanpa alasan. Berikut ini beberapa alasan yang membuat masyarakat tidak begitu suka dengan MLM.

MLM Memicu Pemborosan
Berapa banyak biaya yang perlu Anda keluarkan untuk bergabung di suatu MLM? Berapa rupiah yang harus Anda bayar untuk belanja produk MLM tersebut? Seringkali produk yang Anda beli di suatu MLM tidak jelas manfaat dan kualitasnya, tetapi MLM tersebut mengharuskan Anda untuk membeli produk tersebut. Biaya investasi yang harus Anda keluarkan juga cukup besar (termasuk biaya seminar, ongkos untuk naik pangkat, atau buku dan CD mengenai MLM.

Data Perusahaan MLM Terkadang Tidak Akurat
Mungkin Anda pernah didatangi seorang member MLM dan dia sesumbar mengenai 'perusahaan MLMnya' yang mempunyai ratusan cabang di berbagai negara. Padahal, kenyataannya seringkali berbeda jauh dengan omongan tersebut. Mungkin cukup beralasan bagi anggota MLM tersebut untuk melebih-lebihkan perusahaan yang dia banggakan demi merekrut anggota baru. Tetapi, penipuan terhadap calon downline tentunya malah memperburuk citra MLM tersebut.

Produk Tidak Jelas
Inti dari kegiatan MLM bukanlah jualan produk. Jika memang MLM hanya fokus kepada penjualan produk, kenapa harus ada upline dan downline? Tidak sedikit MLM yang hanya fokus kepada perekrutan anggota (downline) baru. Meskipun MLM tersebut menjual produk, seringkali produk tersebut tidak jelas manfaat dan kualitasnya. Anggotanya sendiri pun tidak terlalu memahami kualitas produk yang dia tawarkan. Bahkan, tidak sedikit yang melebih-lebihkan kualitas produk tersebut.

Anggota MLM Suka Sesumbar
Pernah dipresentasi oleh anggota MLM? Saya pernah mengalami kejadian tersebut 3 kali. Ketika Anda mendengar orang tersebut melakukan presentasi, bisa dipastikan omongannya terlalu 'lebay'. Jika Anda tanya berapa pendapatan yang didapatkan dari MLM, orang tersebut pasti menjawabnya dengan menyebut angka yang cukup fantastis (meskipun belum tentu benar). Selain itu, mereka suka sesumbar mengenai bonus yang akan didapat dari bergabung ke suatu bisnis MLM. 'Bonus' yang ditawarkan pun beragam mulai dari mobil, kapal pesiar, atau wisata ke luar negeri. Meskipun bonus tersebut ada, tetapi syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya sangatlah sulit.

Anggota MLM Suka Memaksa
Inilah yang paling tidak saya suka dari anggota MLM. Jika Anda menolak untuk diajak bergabung ke bisnis tersebut, biasanya Anda akan terus dipaksa sampai mau. Bagi anggota MLM, penolakan adalah cambuk yang membuatnya semakin agresif untuk merekrut anggota baru. Jika Anda menolak dan pergi meninggalkannya, akun Facebook dan HP pasti akan dibom oleh ajakan bergabung ke MLM tersebut (pengalaman pribadi).

Tidak Jujur Saat Merekrut Anggota Baru
Jika ingin mengajak anggota baru untuk bergabung, calon upline Anda biasanya tidak langsung menyampaikan tujuannya tersebut. Biasanya, Anda akan diajak bergabung ke suatu bisnis tanpa menjelaskan bisnis tersebut secara rinci (terkesan ditutup-tutupi). Atau, Anda akan ditawari pekerjaan dengan potensi pekerjaan puluhan juta rupiah per bulan tanpa menjelaskan pekerjaan tersebut seperti apa. Setelah Anda bertemu dengan anggota MLM tersebut, barulah dia mengajak Anda bergabung ke MLM secara terang-terangan. Untuk menjaring anggota baru, MLM juga sering menggunakan seminar gratis sebagai kedok.

Cukup sekian penjelasan mengenai penyebab buruknya citra MLM di masyarakat. Jika Anda ingin menjalankan bisnis, Anda perlu selektif. Penulis sendiri bukan anggota MLM, tidak pernah bergabung di MLM manapun, dan tidak akan pernah tertarik untuk menjalankan 'bisnis' MLM.




BACA JUGA

HERBAL ONLINE

PENERBIT QURAN

JARINGAN IKLAN GRATIS

cara facebook,cara membuat kue,cara membuat blogger,cara membuat cake,cara photoshop,cara twitter,cara belajar,cara membuat facebook,cara membuat website,cara buat blog,cara download idm,cara membuat email,cara membuat e-mail,cara mempercepat koneksi,cara membuat mail,cara buat facebook,cara koneksi internet,cara mempercepat internet,cara buat email,cara buat e-mail,cara edit foto,cara membuat twitter,cara memasak,cara mengedit foto,cara buat blogger,cara membuat puding,cara hamil,cara buat twitter,cara edit photo,cara membuat mie,cara membuat coklat,cara mengedit photo,cara membuat bakso,cara membuat donat,cara menggambar,cara cara seks,cara seks,cara membuat animasi,cara bisnis,cara membuat video,cara bikin blog,cara edit photoshop,cara membuat aplikasi,cara membuat blogspot,cara membuat game,cara mengirim email,cara download game,cara membuat logo,cara internet gratis,cara buat web gratis

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

31 comments:

  1. mantab benar tulisan memangber itu saya juga pernah mengalaminya hehehe...

    ReplyDelete
  2. mantab benar tulisan memangber itu saya juga pernah mengalaminya hehehe...

    ReplyDelete
  3. Wahh itu duluuu
    Sekarang 4jovem nih, yg jadi rajanya mlm di indonesia. Belum pernah denger,, kepoin buruaan.. atao langsung wa sy aja 087806751000

    Obat trauma mlm yah 4jovem

    ReplyDelete
  4. saya selaku pebisnis MLM sangat bersyukur tentang adanya bisnis ini, karena sudah banyak merubah hidup saya, terutama dari segi mental, sikap dan pemikiran. bukan kah finansial itu datang ketika dirikita berkualitas ??? ( jangan meremahkan MLM.
    miskin semakin miskin = itu artinya orang yang malas berusaha.
    kaya semakin kaya = itu kan akibat kerja keras.

    jadi jika anda mau membahas tentang MLM lebih dalam lagi.
    dan bagi bapak/ibu yang mau hidupnya jauh lebih baik dari sekarang jalankan usaha ini, dan percaya sama saya, tuhan akan merubah hidupmu.
    cp : 081355851108

    dan saya akan membuktikan bahwa MLM itu adalah bisnis yang sangat luar biasa.

    ReplyDelete
  5. Ow.. tdk seperti itu MLM. Tiap MLM tdk sama sistemnya. Apa yg anda paparkan saya rasa tdk akurat. Dan hanya melihat dr yg anda dengar saja bukan dr terjun langsung. Atau mungkin itu persepsi MLM yg lama mungkin. Kl skrg MLM konsepnya udh bagus semua. Dan tdk ada kesan pemaksaan dlm mencari mitra.

    ReplyDelete
  6. Di MLM semakin ada berusaha semakin meraih kesuksesan

    ReplyDelete
  7. Anda tidak salah....
    Oa bro coba baca buku dari konsultan ke uangan dunia..

    Buku cashflowkuadarant


    Bro harus lebih banyak membaca
    Karna membaca adalah jendela dunia

    Dalam al quran juga ada bro
    Ikrak (bacalah)

    Kalau mau berteman dengan saya ni no wa saya
    0852 1847 2914

    ReplyDelete
  8. Anda tidak keliru. Tapi anda hanya melihat lebih dalam lagi. Agar persepsi anda jadi lurus.
    Wa. 0823.4360.7284
    Saya umpamakan seperti ini. Jika anda berdiri di depan lemarindan tidak bergerak. Maka anda hanya akan melihat depan lemaei itu aaja. Coba bergerak sungguh lemari banyak sisi yang bisa menambha ilmu. Begitulah jika insting negatif dan malas lebih besar dari positif kita.



    Silahkan chat.

    ReplyDelete
  9. Apapun produk yang anda jual.. bisakah anda mendapatkan 1000 pelanggan sekaligus jika anda melakukan sendiri?? MLM adalah sistem dimana anda diberi kesempatan membuka cabang bisnis dimanapun tanpa modal sewa tempat dan pegawai, namun hanya pendistribusian produk.. jika anda ingin menjalankan MLM jalankan seperti anda membuka bisnis sendiri dan luangkan waktu untuk mengerjakan dan belajar.. anda dapat menghubungi saya di WA 089606501651 karena berkat bisnis MLM saya, saya dapat membuka 12 franchise bisnis saya tanpa menyewa tempat di 6 kota

    ReplyDelete
  10. Untuk harga produk mungkin anda akan paham jika apapun produknya margin akan besar, silahkan kuliah akuntansi biaya dimana anda akan mempelajari bahwa produksi produk apapun akan jauh berkali lipat keuntungannya.. simple saja Starbucks dan McD.. anda dapat temukan kopi dan ayam goreng dengan rasa yang hampir sama dengan harga miring jka anda beli di warung atau buat sendiri.. atau teh kemasan tahukah anda jika produksinya hanya berkisar 500 rupiah?? MLM menawarkan anda menjadi distributor.. dimana keuntungan dari logistik perusahaan diberikan kepada anda

    ReplyDelete
  11. Malah pada promosi MLM dasar -_-

    ReplyDelete
  12. Saya korban mlm... saya keluar dr perusahaan dg tujuan yg bersunggug untuk menjalankanx.namun gagal... saya membeli prodUknga hingg mencapai hampiiiir Rp.10.000.000,00. Tapi saya tetap berfikir positif aja. " mungkin saya masuk di dalam MLM yang tidak tepat". Saya sdh tidak lagi memikirkan pengorbanan saya yg hampiir di setiap harinya berjalan mencari dan menawarkan produknya. Say tidak mau ambil pusing, saya ikhlaskan. Dan saya mulai merubah gaya hidup yg sebenarnya tidaklah mampu untuk saya gapai, kemudian saya mencoba membangun usaha sendiri dan ALHAMDULLIAAAAH.... usaha yg saya dan istri yg sampai saat ini kami jalankan, selalu dalam berkah allah.
    Yaaah itu kisah nyata saya....

    ReplyDelete
  13. Saya korban mlm... saya keluar dr perusahaan dg tujuan yg bersunggug untuk menjalankanx.namun gagal... saya membeli prodUknga hingg mencapai hampiiiir Rp.10.000.000,00. Tapi saya tetap berfikir positif aja. " mungkin saya masuk di dalam MLM yang tidak tepat". Saya sdh tidak lagi memikirkan pengorbanan saya yg hampiir di setiap harinya berjalan mencari dan menawarkan produknya. Say tidak mau ambil pusing, saya ikhlaskan. Dan saya mulai merubah gaya hidup yg sebenarnya tidaklah mampu untuk saya gapai, kemudian saya mencoba membangun usaha sendiri dan ALHAMDULLIAAAAH.... usaha yg saya dan istri yg sampai saat ini kami jalankan, selalu dalam berkah allah.
    Yaaah itu kisah nyata saya....

    ReplyDelete
  14. Satu lagi bisnis MLM yang adil. Bonus bukan tergantung posisi atau tanggal gabung tapi berbasis belanja pribadi. MLM e-commerse.Betul sekali. Dengan adanya e-commerse kita banyak terbantu. Tapi sayangnya, jarang ada e-commerse yang mengajak kita menjadi pelaku. kebanyakan dari kita hanya jadi penontonnya. Tidak ikut menikmati hasilnya.

    Namun jangan khawatir, akhir 2018 ini ada e-commerse dari Korea yang akan Grand Opening di Indonesia dan mengajak kita sebagai salah satu pelakunya. Bukan hanya menonton dana kita dibawa ke luar negeri, tetapi kita juga ikut menikmati hasilnya. Mau tahu informasi lebih lanjut tentang hal itu silakan kunjungi dan daftar gratis di www.atomyglobalnet.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. Bergabung Bersama Kami Menjadi Reseller atau Agen Kaos Makalula Network, Kaos Makalula

    ReplyDelete
  16. Joe16 January 2019 at 01:26
    Statement anda tidak bisa dijadikan acuan. anda bukan pelaku, anda hanya pengamat. Kalaupun anda pelaku, berapa lama anda melakukannya? Bagaimana anda melakukannya? Itu adalah sebuah pertanyaan yg anda bisa jawab sendiri.
    Jika hari ini anda gagal dan drop out sbg mahasiswa. apa Universitasnya yang salah? Dosennya yg tidak berguna? Atau teman teman anda yang tidak nisa kerjasama?
    Saran saya kalau mau membuat tulisan, yang objektif, lebih banyaklah membaca buku, mengikuti seminar dan berpikirlah di luar kotak.

    ReplyDelete
  17. HASHTAG OPTION merupakan platform trading Online berbasis di Indonesia.
    Hanya dengan Deposit 50.000 anda bisa bermain trading.
    PILIHAN TRADER #1
    - Teregulasi FCA UK
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Jika anda bingung mencari broker, anda bisa bergabung bersama kami
    Dengan modal kecil anda bisa berinvestasi dengan keuntungan hingga 80%

    Bersama Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.

    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    ReplyDelete
  18. Dan para pebisnis MLM keluar....

    ReplyDelete
  19. Malah promo hehe, tapi salut sama gaya bahasa chatnya, kliatan bedanya sama chat orang biasa seperti saya

    ReplyDelete
  20. Bisnis MLM memang gak pantas ditunjukkan......👍👍

    ReplyDelete
  21. menurut saya kebanyakan mlm yang bagus , yg gagal itu anggotanya . karena tidak konsisten . buktinya banyak yang sukses di bisnis mlm

    ReplyDelete
  22. Njer jadi banyak promosi mlm dong :v

    ReplyDelete
  23. DI CARI TIM LEADER DI KOTA ANDA YG SIAP BERPARTNER BISNIS PT. KIENS INTERNASIONAL 📲 085277553117
    *💥🏆KIENS💥🏆*
    🇮🇩👉🏆Segera ambil peluangnya
    Team Kami siap membantu, membimbing Anda hingga sukses meraih reward CASH dan MOBIL CASH bersama PT KIENS KAPUPON INTERNASIONAL
    💪😍 JAGA SEMANGAT,
    💪🏆TETAP BEKERJA,
    💪♥️FOCUS PADA TUJUAN AKHIR SUKSES BERJAMAAH....
    🚘🚘🚘⛽ RAIH MOBIL CASH KEPEMILIKAN KENDARAAN PRIBADI BERSAMA KIENS ⛽🚘🚘🚘
    Anda sedang mencari Usaha Real dan Online tanpa harus keluar Uang Banyak??
    Anda adalah orang yang sangat beruntung menemukan peluang bisnis ini.
    PT KIENS KAPUPON INTERNASIONAL INDONESIA
    MODAL HANYA 1.8 JUTA Dapat 1 PRODUK SENILAI 2.250.000 + 1HU
    SEDANG BOOMING🏆
    ☑ Satnya Lock Posisi
    ☑ Ingin punya bonus besar di BISNIS KIENS NETWORK jadilah leader awal
    ➡️APA KELEBIHAN BERGABUNG BERSAMA PT KIENS KAPUPON INTERNASIONAL ❓❓
    ✅Modal Terjangkau semua kalangan
    ✅Waktu Fleksible,Tidak menggangu Pekerjaan Utama
    ✅Bisa di Jalani oleh Pria dan Wanita
    ✅Ijin Lengkap, SIUP, SIUPL, APLI, AP2LI
    ✅Produk Berkualitas BPOM RI & MUI, GMP, HACCP & ISO
    ✅Tanpa Tutup Poin, Tanpa Automaintenance
    ✅Bonus Dibayar Perhari Langsung masuk rekening tanpa WD
    ✅Auto Reward Mulai 170 JUTA Hingga 3.9 MILYARD
    ✅KIENS Punya Strategi Sukses, Jadi jgn khawatir gimana cara Jalani nya? Anda tinggal mengikuti system yg telah ada..
    ---------------------------------------------------
    😍💪😘Bisnis Kiens Bisnis Masa Depan, Raih Reward Mobil Cash Gratis Tanpa NyiciL CALL wa 0852-7755-3117
    👉🚗🚗🚗Banyak sekali yang pengen punya Mobil Sendiri. Dengan berbagai alasan.
    Tapi...
    Masih belum punya duitnya❓‼️
    Gaji pas-pasan ‼️
    *Apakah Anda salah satunya ?*
    InsyaAllah ada
    CARANYA DISINI👇
    Cukup bergabung dengan Program *Kiens MoCash* dengan cara membeli paket produk atau Hak Usaha Rp 1.800.000,-
    *Take Position Now!!*
    Untuk informasi hub : TEAM FOUNDERS KIENS NETWORKS 📲0852.7755.3117
    ⏳⌛Reward Akumulasi tanpa batas Waktu, cepat lambat pasti capai.
    🕛🎯Ayoo Segera Kunci Position dan Join di Kiens International, Anda pasti Bisa Sukses dan mencapai impian Anda di sini .
    🤹Master Stokist PT. KIENS KAPUPON INTERNASIONAL
    🤹Top Leader PT. KIENS KAPUPON INTERNASIONAL
    🤹Co-Founder PT. KIENS KAPUPON INTERNASIONAL
    Call 📲+62852-7755-3117
    Whatsapp /📲 +62852-7755-3117
    ✔️https://kiensteamfounders.wordpress.com
    ✔️https://bit.ly/2lyuSfD
    Agen Distributor Stokist Resmi PT. KIENS KAPUPON INTERNASIONAL

    #daftarKIENS085277553117 #KIENSmedan #KIENSsumut #leaderKIENS #KIENStebingtinggi #KIENSpematangsiantar #KIENSsimalungun #KIENSkabanjahe #KIENSaceh #KIENSbandung #KIENSciamis #KIENStimika #KIENSbanjarmasin #KIENSkisaran #KIENSrantauprapat #KIENSsamosir #daftarKIENS
    #bisnismlm #bisnismlmterbaru #bisnismlm2019 #bisnismlmterbaik #bisnismlmterbaru2019 #bisnismlmterbaik2019 #bisnismlmdiindonesia #bisnismlmtiens #bisnismlmpenipuan #bisnismlm2019booming #bisnismlmonline #bisnismlmdalamislam #bisnismlmharam #bisnismlmnuskin #bisnismlmoriflame #bisnismlmterbaikdiindonesia #bisnismlmberas #bisnismlmmelia #bisnismlmbarulaunching2019 #bisnismlmmvp #bisnismlmbaru2019 #bisnismlmadalah #bisnismlmapakahhalal #bisnismlmamway #bisnismlmapakahharam #bisnismlmatomy #bisnismlmalmira #bisnismlmamoorea #bisnismlmapakahriba #bisnismlmaagym #ecoracing #bisnisecoracing #maximax Founder Kiens Indonesia #Kiens #International #KiensOfficial Batam #KiensLeaderBatam #KiensAdminBatam #KIENSINTERNATIONAL #Inboxme Kiens

    ReplyDelete
  24. Assalamualaikum wr wb
    Selamat sore
    Trimakasih artikelnya mantap pekerjaan apa pun untuk mencapai yg nama nya sukses itu haruslah di kerjakan dengan sungguh2 tidak ada orang sukses tanpa perjuangan dan hinaan pasti ada dan saya pribadi tidak terlalu berharap untuk yg namanya sukses yg penting duit nya nyata masuk rekening dr ratusan ribu hingga jutaan setiap hari
    Konsisten tindakan yg akan merubah hidup bukan bnyak mendengar bnyak omongan orang2 gagal
    Yg bisnis konvensional lanjut
    Yg bisnis mlm lanjut tidak ada salahnya semua nya benar
    Trimakasih sekali lagi

    ReplyDelete
  25. Ngakunya punya bisnis tapi cuma jadi seles marketing..

    ReplyDelete